Dalam
menganalisis sebuah wacana dalam iklan dapat dilihat dari segi posisinya.
Menurut Bolen (1984) bahwa iklan mempunyai tiga unsur struktur pembentuk
wacana, yaitu butir utama (headline), Badan (body) dan Penutup (close). Dalam
iklan yang kita analisis menggunakan tahap demi tahap seperti teori Bolen
tersebut demi mencapai suatu titk temu. Berikut ini analisis wacana iklan Ultra
Milk dengan menggukan teori Bolen.
1.
Butir Utama Iklan
Butir utama iklan merupakan
tujuan utama dalam wacana iklan yang bertujuan untuk menarik perhatian.
Sehingga dalam butir utama iklan diperlukan kata-kata yang mengadung pesan
supaya iklan tersebut mendapat respon dan bisa menarik perhatian dari penonton
selaku calon konsumen.
Dalam iklan Susu Ultra
sendiri menampilkan banyak informasi penting baik yang disajikan berupa
tayangan vidio maupun kata-kata yang diutarakan dalam iklan tersebut dan kesan
pertama yang bisa ditangkap oleh masyarakat adalah meminum susu sanagat
bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut kutipan dari iklan Ultra Milk.
Berbagai nutrisi untuk
kesehatan tubuh ada dalam susu cair segar, orang dinegara maju punya kebiasaan minum susu
segar setiap hari,ayo indonesia minim susu cair segar setiap hari dan raih
prestasi. Nutrisi dari alam.
Pada ungkapan yang dicetak tebal diatas memberikan pesan pada masyarakat untuk
menjaga kesehatan. Kata pada awal kalimat iklan di atas yakni Berbagai
nutrisi yang memberikan pengetahuan awal pada masyarakat bahawa ada
berbagai macm nutrisi. Kemudian disambung dengan kata untuk yang
dapat diartikan bahwa berbagai macam nutrisi tersebut ternyata berguna untuk
keshatan tubuh manusia, dan kemudian pada kata ada dalam menunjukkan
bahwa nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh terdapat dalam susu cair
segar. Dari penggalan iklan yang dicetak tebal tersebut sifatnya memberikan
informasi awal pada masyarakat mengenai kesehatan, maka para konsumen yang
menyaksikan iklan tersebut akan memberikan respon dan menimbulkan rasa
penasaran yang berupa keingintahuan mengenai pentingnya sebuah nutrisi dan
mengapa produk ini yang terpat untuk mendapatkan nutrisi yang sangat baik untuk
kesehatan tubuh, maka dengan adanya rasa penasaran itu, produk susu itu lebih
lanjut memparkan tentang produknya.
2.
Badan Iklan
Menarik minat dan kesadaran
kepada penonton selaku calon konsemen merupakan tujuan kedua dalam sebuah iklan
yang bisa kita dapatkan dalam badan iklan. Alasan yang objektif dan rasional
merupakan hal yang paling penting dalam menarik minat calaon konsumen. Berikut badan
iklan yang dicetak tebal dan berupa ajakan untuk para calaon konsumen yang
diutarakan dengan memberikan alasan yang logis yang dapat diterima oleh para
calon konsumen.
Berbagai nutrisi untuk
kesehatan tubuh ada dalam susu cair segar, Orang di negara maju punya
kebiasaan minum susu segar setiap hari, ayo Indonesia minim susu cair segar
setiap hari dan raih prestasi. Nutrisi dari alam.
Pada badan iklan yang bercetak tebal di atas memberikan alasan yang logis yang
berupa penyataan bahwa Orang di negara maju punya kebiasaan minum susu segar
setiap hari . kutipan tersebut bisa menunjukkan bukti bahwa orang-orang di
negara yang tergolong sudah maju menerapkan untuk meminum susu segar tiap
harinya demi menjaga kesehatan tubuh yang bersumber dari nutrisi alam yang kita
dapatka saat mengomsumsi susu segar.
3.
Penutup
Biasanya dalam bagian penutup
sebuah iklan terdapat informasi-informasi yang lain dan berhubungan dengan
iklan tersebut baik itu berupa slogan, layanan konsumen, atauoun menampilkan
merek dagang. Tujuan ketiga yang kita bisa temui dalam sebuah iklan adalah
memberikan pengaruh yang berupa ajakan atau dapat merubah tindakan tertentu
pada seorang calon konsumen. Dan apabila iklan tersebut mendapat respon dengan
membangkitkan minat dan kesadaran dari sang konsumen maka komunikasi yang
disampaikan melalui wacana dalam iklan tersebut telah berhasil. Berikut kutipan
penutup dari iklan susu Ultra yang dicetak tebal.
Berbagai nutrisi untuk
kesehatan tubuh ada dalam susu cair segar, Orang di negara maju punya kebiasaan
minum susu segar setiap hari, ayo Indonesia minim susu cair segar setiap
hari dan raih prestasi.
Nutrisi dari alam !
Pada penggalan iklan yang dicetak tebal diatas merupakan penutup dari iklan
tersebut. dalam penggalan kata tersebut sifatnya memberikan ajakan yang bisa
dikaitkan dengan badan iklan, yakni mengajak masyarakat indonesia untuk menjaga
keshatan tubuh seperti yang terlihat jelas dalam kata ayo Indonesia yang
berarti mengajak seluruh orang indonesia demi meraih prestasi, dengan cara
meminum susu segar setiap hari yang mengandung nutrisi alami, seperti yang
dilakukan oleh negara-negara maju. Dan iklan tersebut di tutup dengan slogan
dari produk tersebut, yakni kata Nutrisi dari alam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar