Jumat, 13 April 2012

Model Struktur Wacana Iklan Ultra Milk

Dalam menganalisis sebuah wacana dalam iklan dapat dilihat dari segi posisinya. Menurut Bolen (1984) bahwa iklan mempunyai tiga unsur struktur pembentuk wacana, yaitu butir utama (headline), Badan (body) dan Penutup (close). Dalam iklan yang kita analisis menggunakan tahap demi tahap seperti teori Bolen tersebut demi mencapai suatu titk temu. Berikut ini analisis wacana iklan Ultra Milk dengan menggukan teori Bolen.
1.      Butir Utama Iklan
Butir utama iklan merupakan tujuan utama dalam wacana iklan yang bertujuan untuk menarik perhatian. Sehingga dalam butir utama iklan diperlukan kata-kata yang mengadung pesan supaya iklan tersebut mendapat respon dan bisa menarik perhatian dari penonton selaku calon konsumen.
Dalam iklan Susu Ultra sendiri menampilkan banyak informasi penting baik yang disajikan berupa tayangan vidio maupun kata-kata yang diutarakan dalam iklan tersebut dan kesan pertama yang bisa ditangkap oleh masyarakat adalah meminum  susu sanagat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut kutipan dari iklan Ultra Milk.     
Berbagai nutrisi untuk kesehatan tubuh ada dalam susu cair segar, orang dinegara maju punya kebiasaan minum susu segar setiap hari,ayo indonesia minim susu cair segar setiap hari dan raih prestasi. Nutrisi dari alam.
            Pada ungkapan yang dicetak tebal diatas memberikan pesan pada masyarakat untuk menjaga kesehatan. Kata pada awal kalimat iklan di atas yakni Berbagai nutrisi yang memberikan pengetahuan awal pada masyarakat bahawa ada berbagai macm nutrisi.  Kemudian disambung dengan kata untuk yang dapat diartikan bahwa berbagai macam nutrisi tersebut ternyata berguna untuk keshatan tubuh manusia, dan kemudian pada kata ada dalam menunjukkan bahwa nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh terdapat dalam susu cair segar. Dari penggalan iklan yang dicetak tebal tersebut sifatnya memberikan informasi awal pada masyarakat mengenai kesehatan, maka para konsumen yang menyaksikan iklan tersebut akan memberikan respon dan menimbulkan rasa penasaran yang berupa keingintahuan mengenai pentingnya sebuah nutrisi dan mengapa produk ini yang terpat untuk mendapatkan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, maka dengan adanya rasa penasaran itu, produk susu itu lebih lanjut memparkan tentang produknya.
2.      Badan Iklan
Menarik minat dan kesadaran kepada penonton selaku calon konsemen merupakan tujuan kedua dalam sebuah iklan yang bisa kita dapatkan dalam badan iklan. Alasan yang objektif dan rasional merupakan hal yang paling penting dalam menarik minat calaon konsumen. Berikut badan iklan yang dicetak tebal dan berupa ajakan untuk para calaon konsumen yang diutarakan dengan memberikan alasan yang logis yang dapat diterima oleh para calon konsumen.
Berbagai nutrisi untuk kesehatan tubuh ada dalam susu cair segar, Orang di negara maju punya kebiasaan minum susu segar setiap hari, ayo Indonesia minim susu cair segar setiap hari dan raih prestasi. Nutrisi dari alam.
            Pada badan iklan yang bercetak tebal di atas memberikan alasan yang logis yang berupa penyataan bahwa Orang di negara maju punya kebiasaan minum susu segar setiap hari . kutipan tersebut bisa menunjukkan bukti bahwa orang-orang di negara yang tergolong sudah maju menerapkan untuk meminum susu segar tiap harinya demi menjaga kesehatan tubuh yang bersumber dari nutrisi alam yang kita dapatka saat mengomsumsi susu segar.
3.      Penutup
Biasanya dalam bagian penutup sebuah iklan terdapat informasi-informasi yang lain dan berhubungan dengan iklan tersebut baik itu berupa slogan, layanan konsumen, atauoun menampilkan merek dagang. Tujuan ketiga yang kita bisa temui dalam sebuah iklan adalah memberikan pengaruh yang berupa ajakan atau dapat merubah tindakan tertentu pada seorang calon konsumen. Dan apabila iklan tersebut mendapat respon dengan membangkitkan minat dan kesadaran dari sang konsumen maka komunikasi yang disampaikan melalui wacana dalam iklan tersebut telah berhasil. Berikut kutipan penutup dari iklan susu Ultra yang dicetak tebal.
Berbagai nutrisi untuk kesehatan tubuh ada dalam susu cair segar, Orang di negara maju punya kebiasaan minum susu segar setiap hari, ayo Indonesia minim susu cair segar setiap hari dan raih prestasi.
Nutrisi dari alam !
            Pada penggalan iklan yang dicetak tebal diatas merupakan penutup dari iklan tersebut. dalam penggalan kata tersebut sifatnya memberikan ajakan yang bisa dikaitkan dengan badan iklan, yakni mengajak masyarakat indonesia untuk menjaga keshatan tubuh seperti yang terlihat jelas dalam kata ayo Indonesia yang berarti mengajak seluruh orang indonesia demi meraih prestasi, dengan cara meminum susu segar setiap hari yang mengandung nutrisi alami, seperti yang dilakukan oleh negara-negara maju. Dan iklan tersebut di tutup dengan slogan dari produk tersebut, yakni kata Nutrisi dari alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar