Selasa, 03 Mei 2011

UKM UNHAS Ramai-Ramai Buka Pendaftaran

     Unit Kegiatan Mahasiswa ( UKM ) di Universitas Hasanuddin adalah wadah yang dibentuk oleh pihak Universitas guna menyalurkan minat dan bakat dari para mahasiswa. Beberapa UKM ini beraktivitas di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa ( PKM ) yang difasilitasi oleh pihak universitas dimana di dalamnya terselenggara kegiatan yang berhubungan dengan UKM. Ada sekitar 25 UKM di Unhas yang setiap tahun akan merekrut anggota dari mahasiswa lintas fakultas. Syarat utama menjadi anggota UKM adalah terdaftar sebagai mahasiswa di Universitas Hasanuddin dan mengikuti diklat dasar atau prosesi untuk masuk dalam salah satu UKM ini. UKM itu antara lain Karate-Do, Kempo, Fotografi, Pers Mahasiswa, Liga Film Mahasiswa, Renang, KSR-PMI, Korpala, Softball-Baseball, Basket, Perbakin, Teater Kampus, Pramuka, dan masih banyak lagi. Mahasiswa diberi kebebasan memilih untuk masuk di UKM yang sesuai dengan minat, bakat, atau ketertarikannya.

    UKM tersebut juga tidak sebatas sebagai tempat berkumpulnya mahasiswa lintas fakultas, namun sebagai wadah kreasi dalam menghasilkan karya. Tidak sedikit prestasi yang dihasilkan ketika mengikuti salah satu UKM. Lewat UKM, mahasiswa mengharumkan nama Unhas di tingkat nasional maupun manca negara. Misalnya UKM Paduan Suara Mahasiswa ( PSM ) Unhas yang sering menjuarai lomba-lomba paduan suara di dalam maupun luar negeri. Beberapa UKM juga memberikan pengetahuan-pengetahuan yang menunjang di bangku perkuliahan.
Musim penerimaan anggota di UKM biasanya dimulai setelah masa pengkaderan di tiap fakultas selesai diadakan. Seperti diklat dasar yang diadakan oleh Liga Film Mahasiswa ( LFM ) Unhas kemarin. Menurut Rolly Syahrul Hasib, ketua umum LFM Unhas, penerimaan anggota baru harus selalu diadakan, “ Diksar untuk menerima anggota baru harus selalu diadakan agar UKM memiliki generasi penerus. Tidak selamanya anggota UKM terus berada di kampus, jika mereka telah menjadi sarjana maka dengan sendirinya mereka akan meninggalkan kampus termasuk UKM. Makanya regenerasi harus ada. Khusus di LFM, dengan adanya diksar maka mahasiswa diharapkan akan lebih produktif dalam menghasilkan karya dan juga memiliki aktivitas di luar bangku kuliah.”
    Animo penerimaan anggota baru UKM juga tidak semata-mata melanda mahasiswa baru, namun mahasiswa lama yang memang ingin menambah pengetahuan dan pengalaman. Seperti Titah Ayu Taroniarta, mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2009 yang mengikuti diksar LFM, “ saya ingin menambah pengetahuan, pengalaman, dan teman-teman baru di kampus.” Ujarnya.
Namun tidak semua mahasiswa di Unhas tergerak untuk masuk di UKM. Seperti Astri Gina Hexana, mahasiswi fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini mengatakan, “ Masuk UKM membuat saya nanti dipenuhi kesibukan. Disamping itu saya juga malas,” ujarnya. ( Mke/Evi)
Hasil tulisan TOT UKPM Unhas (News Letter MERAH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar